Jumat, 26 Agustus 2016

ILMU MA'ANI

Ilmu Ma’ani adalah dasar-dasar dan kaidah-kaidah yang menjelaskan pola kalimat berbahasa Arab agar bisa disesuaikan dengan kondisi dan tujuan yang dikehendaki penutur. Tujuan ‘ilmu al-ma’âni adalah menghindari kesalahan dalam pemaknaan yang dikehendaki penutur yang disampaikan kepada lawan tutur. Ilmuan bahasa yang dianggap sebagai pencetus Ilmu Bayan adalah ‘Abdul Qâhir al-Jurjani ( w. 471 H). Di dalamnya tercakup; Kalam Khobar, Kalam Insya’, Qashr, Fashl dan Washal, Musawh, Ijaz dan Itnab

1) Khabar (Kalimat Berita) 
Menurut etimologi kalam khabar berarti berita. Sedangkan menurut terminologi adalah  kalam yang mengandung kebenaran dan kedustaan karena zatnya. Bila kalimat itu sesuai dengan kenyataan, maka pembicaranya adalah benar dan bila kalimat itu tidak sesuai dengan kenyataan, maka pembicaranya adalah dusta. Contoh :
Abu Ishaq Al-Ghazi berkata:
مسامع الناس من مدح ابن حمدان.# امتلات  ابوالطيب الكنديّ ما لولا
“ Seandainya tidak ada Abuth- Thayyib Al-Kindi, maka tidak akan penuh pendengaran manusia dengan pujian terhadap Ibnu Hamdan.”
Pada contoh di atas Abu Ishaq Al-Ghazzi menceritakan bahwa Abu Ath-Thayyib al-Mutanabbi adalah orang yang menyebarluaskan keutamaan Saifud – Daulah bin Hamdan. Untuk itu ia berkata, “Seandainya tidak ada Abuth-thayyib, niscaya tidak muncul kemasyhurannya, dan manusia tidak mengetahui seluruh kelebihannya seperti yang telah mereka ketahui sekarang.” Pernyataan ini memungkinkan Al-Ghazzi berkata benar, ataupun berkata dusta. Ukuran benar dan salahnya perkataan ini bergantung dari fakta yang ada.
 Adapun tata cara menyampaikan khabar kepada mukhatab (lawan bicara) ada tiga, yaitu :
a. Khabar Ibtida’i. Yaitu apabila kondisi mukhatabnya itu lugu atau kosong fikiran dari hukum yang disampaikan. Dinamakan khali al dzihni (pikiran kosong) dan penyampaian khabarnya dalam bentuk khabar ibtida’i yakni tanpa memerlukan taukid. Contoh : أخوك قادم “Saudaramu telah datang”
b. Khabar Thalabi. Yaitu apabila kondisi mukhatabnya ragu-ragu dalam memahami suatu hukum. Dinamakan mutaradid dan penyampaian dalam bentuk khabar thalabi yakni menambahkan satu taukid. Contoh : إن أخاك قادم “Sesungguhnya saudaramu telah datang.”
c. Khabar Inkari. Yaitu apabila kondisi mukhatabnya tidak percaya atau tidak yakin hukum yang disampaikan. Dinamakan munkir dan penyampaian khabarnya dalam bentuk khabar inkari yakni menggunakan lebih dari satu taukid. Contoh : والله إن أخاك قادم “Demi Allah, sesungguhnya saudaramu telah datang.”
TUJUAN KALAM KHABARI
Adapun tujuan kalam khabari yaitu :
a. Faidah al khabar adalah suatu kalam khabari yang diucapkan kepada orang yang belum tahu sama sekali isi perkataan itu. Contoh :
كان عمربن عبد العزيز لايأخذ من بيت المال شيئا ولا يجزى على نفسه الفئ درهما
“Umar bin Abdul Aziz tidak pernah mengambil sedikitpun harta dari baitul mal”
b. Lazim al faidah adalah suatu kalam khabari yang diucapkan kepada orang yang sudah mengetahui isi dari pembicaraan tersebut, dengan tujuan agar orang itu tidak mengira bahwa si pembicara tidak tau. Contoh :
ذهبت إلى الجامعة متأخرا
“Kamu pergi ke kampus dengan terlambat”
c. Istirham (Minta belas kasihan). Contoh :
ربى إنى لما أنزلت إلى من خير فقير
“Tuhanku, aku ini sangat membutuhkan kebaikan yang engkau berikan padaku”
d. Izhhar al dha’fi (Menunjukan Kelemahan). Contoh : QS. Maryam : 4
ربّ إنّى و هن العظم منّى واشتعل الرأس شيبا
“Tuhanku, sesungguhnya aku telah lemah tulangku dan kepalaku telah penuh uban”
e. Izhhar al-tahassur (Menyatakan Keprihatinan). Contoh: QS. Al-Imran:36
ربّ إنّى وضعتها أنثى و الله أعلم بما وضعت
“Tuhanku, sesungguhnya aku telah melahirkan seorang anak perempuan, dan Allah mengetahui apa yang dilahirkannya itu”
f. Al fakhr (Kesombongan). Contoh : Perkataan Amru bin Kalsum إذا بلغ
الفطام لنا صبي تخرله الجبائر ساجدين
“Jika seorang anak kami telah lepas menyusu, semua orang sombong akan tunduk menghormatinya.”
g. Al tahdir (Memberi Peringatan). Contoh : Hadis Rasulullah yang di riwayatkan oleh Abu Daud
أبغض الحلال إلى الله الطلاق
“Perbuatan halal yang paling dibenci Allah adalah talaq”
Dilihat dari sisi susunan gramatikalnya kalâm khabar dibagi kedalam dua bentuk:
Pertama : al-jumlah al-fi’liyyah (verbal sentence). Menunjukkan suatu pekerjaan yang  temporal, dengan tiga keterangan waktu, sekarang, yang telah berlalu dan yang akan datang. Contoh:
أشرقت الشمس وقد ولى الظلام هاربا
Kedua: al-jumlah al-ismiyah (nominal sentence). Biasanya untuk menentukan ketetapan sifat kepada yang disifati dan untuk menyatakan kebenaran umum (general thuth). Contoh:
الأرض متحركة والشمس مشرقة
PENYIMPANGAN PENGGUNAAN KHABAR
Macam-macam penyimpangan khabar yang menyalahi dari ketentuan yaitu :
a) Khabar Thalabi digunakan untuk mukhatab Khali al dzihni
b) Khabar Thalabi digunakan untuk mukhatab munkir
c) Khabar Ibtida’I digunakan untuk mukhatab munkir
d) Khabar Inkari digunakan untuk mukhatab mutaradid
e) Khabar Inkari digunakan untuk mukhatab khali al dzihni
2) Kalam Insya’i
Kalam insya’ adalah kalimat yang pembicaranya tidak dapat disebut sebagai orang yang benar ataupun sebagai orang yang dusta. Secara garis besar kalam insya’I dibagi menjadi dua bagian. Yaitu :
a.    Insya’ Thalabi ما يستعد عي مطلوبا غير حاصل وقت الطلب “Perkataan yang menghendaki tuntutan yang belum terjadi pada saat menuntut”. Adapun kalimat-kalimat yang termasuk kategori Insya’ Thalabi yaitu :
1) Al amr (Perintah)
Dilihat dari bentuk kalimatnya,al-`amr dalam bahasa Arab memiliki empat bentuk, yaitu :
a)       Fi’il `amr, contoh:
يَايَحْيَى خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ وَءَآتَيْنَاهُ الْحُكْمَ صَبِيًّا ( مريم:12)
b)      Fi’il mudhâri’ yang bersambung dengan lâm al-`amr, contoh:
لِيُنفِقْ ذُو سَعَةٍ مِّن سَعَتِهِ (الطلاق: 7)
c)       Ism fi’il al-`amr, contoh:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا عَلَيْكُمْ أَنفُسَكُمْ لاَيَضُرُّكُمْ مَّنْ ضَلَّ إِذَااهْتَدَيْتُمْ َ { المائدة:105}
d)      Mashdar sebagai ganti fi’il `amr, contoh:
وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا { البقرة: 83
Adapun penyimpangan dari makna Amr yaitu :
1) الإرشاد (Bimbingan). Contoh : فإذا تدينـتم بدين إلى أجل مسمى فاكـتبوه 
يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِذَا تَدَايَنتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوهُ وَلْيَكْتُب بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌ بِالْعَدْلِ (البقرة
2) الدعاء (Permohonan). Contoh : رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ { النمل: 19}. ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الأخرة حسنة وقنا عذاب النار       
3) الالـتماس (Tawaran). Contoh :  يا أخـي خـذ قلما! 
4) الـتمنـي (Harapan yang Sulit Tercapai). Contoh : أسرب القطا خذي بيدي أن أقابل كعبة قلبـي لأن شوقي إليها لم أصر 
5) الـتـخيـير (Pilihan). Contoh : فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكـفر 
6) الـتسوية (Menyamakan). Contoh : عـش عـزيزا أو مت وأنت كريم 
7) التعجيز (Melemahkan). Contoh : و إن كنـتم فى ريب مما نزلنا على عبدنا فـأتوا بسورة من مـثله . فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِن مِّثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَآءَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ (البقرة:23
8) الـتهديد (Ancaman). Contoh : الْقِيَامَةِ اعْمَلُوا مَاشِئْتُمْ إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ {فصلت:40
9) الإباحة (Kebolehan). Contoh : وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ اْلأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ (البقرة:187 
10) الإكـرام Contoh : ادخلوها بسلام آمنـــين 
11) الامتنان Contoh : ادخلوها بسلام آمنـــين 
12) الـدوام Contoh : اهدنا الصراط المستـقيم 
13) الإهانة Contoh : كونوا حجارة أو حديدا 
14) التكوين Contoh : كن فيكون 
2) An nahyi (Larangan)       
Al-nahy adalah meminta dihentikannya suatu pekerjaan kepada lawan bicara dengan superioritas dari penutur untuk melaksanakan permintaan. Struktur kalimatnya disusun dengan menyambungkan fi’il mudhâri’ dengan lâ nâhiyah ( berarti: jangan..!). Contoh:
وَلاَتُفْسِدُوا فِي اْلأَرْضِ بَعْدَ إِصْلاَحِهَا ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ ( الأعرف: 85)
Adapun penyimpangan dari makna Nahyi yaitu :
1) الدعاء (Do’a)
Contoh : رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ (ال عمران: 8
2) الالـتـماس Contoh : يا أخـي لا تـفعل هـذا! 
3) الـتمنـي Contoh : أعيـني جودا و لا تـجمدا # ألا تبكيان لصخر الندى 
4) الإرشاد (Memberi Petuah Bijak)
Contoh : لا تحلفن على صدق ولا كذب # فما يفيدك إلا المأثم الحلـف 
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَسْئَلُوا عَنْ أَشْيَآءَ إِن تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ… (المائدة: 101
5) التوبيخ Contoh : لا تـنه عن خلـق وتـأتي مثـله # عار عليك إذا فعلت عظيم 
6) الـتيئيس Contoh : لا تعتـذروا قـد كـفرتم بعد إيـمانكم
7) الـتهديد Contoh : لا تـمتـثـل أمري 
8) الـتحقير Contoh : لا تطلب الـمجد إن الـمجد سلمه # صعب وعش مستريحا نـاعم البال
3) Al istifham (Pertanyaan) 
Al-Istifhâm adalah mencari tahu tentang sesuatu yang belum diketahui sebelumnya, dengan menggunakan adât al-istifhâm (kata sandang untuk istifhâm), yaitu: hamzah, hal, man, mâ, matâ, ayyâna, kayfa, aina, kam dan ayyu . Dilihat dari segi bentuk permintaannya, istifhâm dibagi menjadi tiga macam, yaitu :
a)       Pertanyaan yang kadang meminta konfirmasi dan kadang meminta afirmasi (tashawwur). Adât yang digunakan adalah hamzah, contoh:
1) أ علي مسافر أم خالد؟       2)  أ علي مسافر؟
b)      Pertanyaan yang meminta afirmasi saja, adât al-istifhâm yang digunakan adalah hal. Contoh:
هل يعقل الحيوان؟
c)       Pertanyaan yang meminta konfirmasi saja. Adât yang digunakan adalah semua adât al-istifhâm kecuali hal dan hamzah.contoh:
يسئلونك عن الساعة أيان مرسها؟
Adapun penyimpangan makna dalam Istifham yaitu :
1) النفي Contoh : هـل جزاء الإحسان إلا الإحسان 
2) لإنكاري (Pengingkaran). Contoh : أغـير الله تدعـون؟ 
3) الـتـقرير (Keputusan). Contoh : أليس الله بأحكم الحاكمين ؟ 
4) الـتعظيم (Pengagungan). Contoh : من ذا الذى يشفـع عنده إلا بـإذنـه 
5) الـتحقير Contoh : من أيـة الطرق يأتى مثـلك الكرم؟ 
6) الـتوبيخ Contoh : إلا ما الـخلـف بينكم إلا ما؟ # وهذى الضجة الكبرى علا ما؟ 
7) الاستبطاء Contoh : حتـاما نحن نسارى النجم فى الظلم؟ # وما سراه على خـف ولا قدم 
8) الـتعجب Contoh : كيف تكـفرون بالله وكـنتم أمواتـا 
9) الـتمنـي (Pengharapan). Contoh : فهل لنا من شفـعاء فيشفـعوا لنا 
10) لـتشويـق Contoh : هل أدلكم على تجارة تنـجيكم من عذاب ألـيم 
11) الـتسوية (Persamaan). Contoh : إن الذين كـفروا سواء عليهم أأنذرتهم أم لم تنـذرهم لا يـؤمنون
4) Al tamanniy (Angan-Angan)       
 
طلب امر محبوب لايرجى حصوله إما لكونه مستجيلا و إما لكونه ممكن غير مطموع فى نيله
“Mengangan-angankan sesuatu yang diinginkan tetapi tidak ada harapan terjadi, baik karena mustahil terjadi maupun mungkin terjadi tapi tak ada harapan diperoleh”. Bila perkara yang menyenangkan itu dapat diharapkan tercapainya, maka pengharapannya disebut taraji. Kata-kata yang dipergunakan untuk tamanni adalah laita, dan kadang-kadang dipakai juga kata-kata hal, lau, dan la’alla atas dasar tujuan balaghah. Contoh : ليت الشباب يعود يوما (QS. Al-a’raf : 53)
فهل لّنا من شفعآء فيشفعوالنا
Maka adakah bagi kami pemberi syafa’at yang akan memberi syafa’at bagi kami? (QS. Al-a’raf : 53)
QS. Al-Qashash:79
يليت لنا مثل مآ اوتي قارون
Aduhai, seandainya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada qarun. (QS. Al-Qashash:79)
Al-Tamannî adalah mengharapkan sesuatu yang mustahil digapai atau yang  tidak mampu digapai.
a)  Sesuatu yang mustahil digapai, contoh:
ألا ليت الشباب يعود يوما * فأخبره بما فعل المشيب
b)  Sesuatu yang mungkin digapai namun tidak mampu teraih, contoh:
يَالَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَآأُوتِىَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ (القصص:79)
Al-Tamannî memiliki satu `adât ashly yakni ليت dan mempunyai tiga `adât yang tidak ashly sebagai penggantinya, yaitu:
a) Hal (apakah, adakah, akankah), contoh:

فَهَل لَّنَا مِن شُفَعَآءَ فَيَشْفَعُوا لَنَآ أَوْ نُرَدُّ فَنَعْمَلَ غَيْرَ الَّذِي كُنَّا نَعْمَلُ قَدْ خَسِرُوا أَنفُسَهُمْ وَضَلَّ عَنهُم مَّاكَانُوا يَفْتَرُونَ (الأعراف:53)
b) Lau (jika, sekiranya), contoh:
فَلَوْ أَنَّ لَنَا كَرَّةً فَنَكُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ (الشعراء: 102)
c) La’alla( niscaya), contoh:
أ سرب القطا هل من يعير جناحه * لعلي إلى من قد هويت أطير

5) An nida (Panggilan) 
Nida’ adalah  meminta kedatangan sesorang atau sesuatu  dengan kata ganti yang bermakna “aku memanggil. Huruf- huruf nida itu ada delapan : hamzah (ء), ay (اي), yaa (يا), aa (آ), aay (آي), ayaa (ايا), hayaa (هيا), dan waa (وا). Hamzah dan ay untuk memanggil munada yang dekat, sedangkan huruf nida’ yang lain untuk memanggil munada yang jauh.
Selain berfungsi memanggil, al-nidâ’ memiliki makna yang beragam seiring konteks yang melingkupinya, macam-macam arti nidâ’ antara lain:
a)       Al-Ighrâ` (bujukan, anjuran), seperti anjuran kepada seseorang yang mondar mandir mau masuk rumah musuhnya:
يا شجاع أقدم..
b)      Al-Zijr (hardikan, cacian), contoh:
يا فؤدي متى المتاب ألما *  تصح والشيب فوق رأس ألما
c)       Al-Tahassur wa al-taujî` (penyesalan dan kesakitan), contoh:
وَيَقُولُ الْكَافِرُ يَالَيْتَنِي كُنتُ تُرَابًا (النباء:40)
d)      Al-Istighâtsah (permintaan pertolongan), contoh:
يا ألله…. حبي وهوائي مكتوم إليها
e)       Al-Nudbah (ratapan/elegi), contoh:
فواعجبا كم يدعي الفضل ناقص * ووا أسفا كم يظهر النقص فاضل

b.   Insya’ Ghairu Thalabi ما لا يستدعى مطلوبا غير حاصل وقت الطلب “Kalimat yang didalamnya tidak menghendaki suatu permintaan”. Insya’ ghairu thalaby bisa berbentuk, al-Madh wa al-Dzam,Shiyâgh al-‘Uqûd, al-Qasam dan al-Ta’ajjub wa al-Raja’. Contoh:
a. At ta’ajjub (menunjukkan kekaguman)
كيف تكفرون بالله وكنتم أمواتا فأحياكم (البقرة 28
b. Al madh (menunjukkan pujiaan)
c. Az zam (menunjukkan ejekan)
نعم الكريم حائم….  وبئس البخيل مادر
d. Al Qasam (sumpah)
لعمرك ما فعلت كذا
e. Af’al ar raja’ (kata kerja yang menunjukkan harapan)          
عسى الله أن يأتي بالفتح
3) An Nida Wa Al Qasr
1. An Nida    
طلب إقبال بحرف نائب مناب أدعو “Menurut hadir menghadap dengan menggunakan kata yang berarti saya pangggil”. Contoh : يـا رب صل على محمد Adapun penyimpangan makna dalam Nida yaitu :
1) التأسيف Contoh : يالضيعة الأدب 
2) التحير والتضجر Contoh : أيامنازل سلمى أين سلمك # من أجل هذا بكيناها بكيناك 
3) الاختصاص Contoh : رحمة الله وبركاته عليكم أهل البيت إنه حميدمجيد 
4) للتـفاخر Contoh: أنا أكرم الضيف أيها الرجل 
5) للتـواضع Contoh : أنا الفقير المسكـين أيها الرجل 
2. Qashr        
 
تخصيص شيئ بشيئ بطريق مخصوص “Qasr adalah mengkhususkan sesuatu terhadap yang lainnya dengan cara tertentu”. Qasr dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
a) النفي و الاستـثـناء (huruf negasi atau lafadz pengecualian). Contoh : لا إله إلا الله
b) إنما (lafadz innama). Contoh : : إنما إلهكم إله واحد. إِنَّمَا يَخْشَى اللهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاؤُا (الفاطر: 28
c) تقديم ماحقه الـتـأخير (mendahulukan yang seharusnya diakhirkan). Contoh : إياك نعبد وإياك نستعين
d) العطف بلا أو ببل أولكـن (athaf dengan la, bal, dan lakin). Contoh : ماالأرض ثـابتة بل متحركـة الأرض متحركـة لا ثـابتة ماالأرض ثـابتة لكـن متحركـة
Apabila diperhatikan kedua bagian pokok dalam qashr, maka qashr dibagi menjadi dua yaitu :
a. قصر صفة على موصوف (Qashr as shifah ‘ala al maushuf)
Yaitu mengkususkan sifat pada yang disifati. Contoh : لا يفوز إلا المجد
b. قصر موصوف على صفة (Qashr al mausuf ‘ala as shifah). Yaitu mengkhususkan yang tersifati pada sifat. Contoh : ما محمد إلا رسول
Namun apabila qashr dikaitkan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi, maka qashr terbagi menjadi dua bagian yaitu :
a. قصر حقيقي (Qashr Hakiki). Adalah mengkhususkan sesuatu sesuai dengan kenyataan. Contoh : لا يفوز إلا المجد
b. قصر إضافي (Qashr Idhafi). Adalah qashr dengan menghubungkan pada sesuatu tertentu. Adapun Qashr Idhafi terbagi menjadi 3, yaitu :
1) قصر إفراد Contoh : المرأة الجميلة زوجتـي لازوجتك 
2) قصر تعيـين Contoh : المرأة الجميلة زوجتـي لازوجتك 
3) قصر قلب Contoh : المرأة الجميلة زوجتـي لازوجتك
4) Al Fasl wa Al Wasl
1. Al Fashl      
الوصل عطف بعض الجمل على بعض و الفصل تركه “Al Wasl adalah menghubungkan sebagian jumlah (kalimat) dengan yang lainnya. Sedangkan Al Fasl tidak menghubungkannya. Fashl tidak boleh tidak, harus terjadi dengan ketentuan apabila :
A. Kedua jumlah merupakan satu kesatuan, disebut “Kamal Al Ittisal”, yakni:
a) توكيد (penguat). Contoh : فمهل الكافرين أمهلهم رويدا
b) بيان (penjelas). Contoh : ... الذين هم عن صلاتهم ساهون # الذين هم يراؤون
c) بدل (pengganti). Contoh : فسوس إليه الشيـطان قال يا آدم هل أدلكم على شجرة الخلد
B. Diantara kedua jumlah ada perbedaan yang mencolok yakni jumlah yang pertama berbentuk jumlah khabariyyah, sedangkan yang kedua jumlah insya’iyyah atau sebaliknya. Atau diantara keduanya tidak ada kaitan. Maka dalam keadaan demikian dinamakan “Kamal Al Inqita”. Contoh : وإنـما الـمرء بأصغـريـه # كل امرئ رهن بـما لديـه ياصاحب الدنـيا الـمحب لـها# أنت الذى لاينـقضى تعـبه
C. Jumlah yang kedua merupakan jawaban dari pertanyaan yang dipahami dari jumlah yang pertama. Maka dalam keadaan demikian disebut “Syibh Kamal Al Ittisal”. Contoh : ليس الحـجاب بـمقص عنك لى أملا # إن السماء ترجى حين تحتـجب       
2.  Al Washl   
عطـف جـملة على أخرى بالواو Sedangkan washl harus terjadi dengan ketentuan sebagai berikut :
a. الاتفاق في الإعراب Contoh : وحب العيـش أعـبد كل حـر # و علم ساغـبا أكل الـمرار
b. الاتفاق في الخبرية Contoh : يشـمر للج عن سـاقـه # و يـغمره الـموج فى الساحـل c. الاتفاق في الإنشائية Contoh : فصل لربك و انحـر  
5) Ijaz, Ithnab dan Musawa
1. Ijaz
 
التعبـيرعن مقصود الكلام بلفظ أقـل مما هو متـعارف عليه مع الإبانة التامـة عن الـمراد “Mengucapkan maksud dengan lafadz yang lebih singkat dari yang biasa, tetapi sangat jelas maksudnya”. Ijaz terdiri dari dua macam, yaitu :
a. Ijaz qisar إيجاز قصر يكون بتـضمين العبارات الـقصيرة معانـي كـثيرة من غير حذف
“Ijaz yang menggunakan ungkapan pendek, namun mempunyai makna banyak tanpa disertai pembuangan (beberapa kata atau kalimat)”.
Contoh : ألا له الخلق والأمر
b.    Ijaz Hadzf إيجاز حذف يكون بحذف كلمة أو جملة أو أكـثر مع قرينة تعين الـمحذوف
“Ijaz denga menggunakan cara membuang sebagian kata atau kalimat disertai indicator yang menunjukan adanya lafadz yang dibuang tersebut”.
Contoh : و جاء ربك والملك صفا صفا
2. Ithnab      
 
أن يكون التعبـير بلفظ زائـد على أصل المعـنى المراد لـفائـدة “Berekspresi dengan perkataan yang lebih dari makna aslinya yang dimaksud karena ada tujuan tertentu”. Menyampaikan ungkapan kepada komunikan melalui gaya bahasa Itnab bisa dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain :
a) ذكر الخاص بـعد العام (Menyebutkan lafadz yang khusus setelah lafadz umum). Contoh : حافـظوا على الصلوات والصلاة الوسطى
b) ذكر العام بـعد الخاص (Menyebutkan lafadz yang umum setelah lafadz yang khusus). Contoh : وما أوتي موسى وعيسى والنبـيون من ربـهم
c) الإيضاح بعد الإبهام (Menyebutkan lafadz yang jelas maknanya setelah lafadz yang tidak jelas maknanya). Contoh : وقضينا إليه ذلك الأمر أن دابر هؤلاء مقطوع مصبـحين
d) الـتكرار (Mengulang penyebutan suatu lafadz). Contoh : فـإن مع الـعسر يسرا ، إن مع الـعسر يسرا
e) الاعـتراض (Menyisipkan anak kalimat ke tengah-tengah induk kalimat atau antara dua kata yang berkaitan, dan anak kalimat tersebut tidak memiliki jabatan kata (kedudukan dalam I’rab). Contoh :
ويجـعلون لله البنات سبحانه ولـهم مايـشتـهون
f) الـتذييـل Contoh : وقل جاء الحق وزهق الباطل إن الباطل كان زهوقا
g) الإيـغال Contoh : والله يرزق من يشاء بغير حساب
h) التكميل Contoh : أذلة على المؤمنين أعزة على الكافرين
i) الـتـتميم Contoh : ويطعمون الطعام على حبه مسكينا

3. Musawah 
أن تكون الـمعانـى بقدر الألـفاظ و أن تكون الألـفاظ بقدر المعانـى لا يزيـد بعضها على بعض “Maknanya seukuran dengan lafadznya dan lafadznya seukuran dengan maknanya lebih dan tidak kurang”. Contoh : وماتـقدموا لأنفسكم من خير تجدوه عند الله      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar